Penulisan Blog Pakai Saya, Aku, atau Gue?

Jika kamu sudah memilih nama panggilan dalam penulisan blog, berarti kamu sudah tau akan menyiapkan konten seperti apa berdasarkan gaya tulisan kamu.

Karena jika berbicara nama panggilan dalam penulsan blog, itu sama saja seperti menentukan karakteristik dari sebuah blog yang akan dibangun.

Ada “Saya, Aku, atau Gue”, sebuah kata panggilan yang pada umumnya sering kita temui di blog-blog yang kita kunjungi.

Itu jika di blog milik orang, kalo kamu, apa yang akan kamu gunakan?

Atau masih bingungkah?

Jangan khawatir, hampir setiap orang yang baru memulai blog sering kali bingung akan memanggil dirinya dengan panggilan seperti apa dalam tulisannya.

Bahkan, banyak juga dari mereka yang melihat blog orang terlebih dahulu, menganalisanya, mana yang paling banyak digunakan, maka itulah yang digunakan.

Yah jatohnya seperti ikut-ikutan saja.

Tidak masalah jika mengikuti gaya penulisan orang lain, tidak ada yang melarang. Hanya saja, kamu tidak akan menjadi diri kamu yang sebenarnya.

Berbicara soal menulis, hal ini biasanya bersangkutan dengan hobi, pashion, atau karena memang suka menulis saja.

Kalo begitu, seharusnya kamu tinggal menulis saja bukan? menulis sesuatu yang memang membuat hati kamu senang.

Dari pada kamu ikut-ikutan orang, tetapi kamu sendiri tidak srek menggunakannya akhirnya akan menjadi sesuatu yang mengganjal hati.

Dan apabila ada sesuatu yang mengganjal, pasti kamu tidak akan bisa menikmati setiap proses dari tulisan kamu.

Mau menggunakan “Saya, Aku atau Gue”, sama saja, gak ada bedanya. ini hanyalah masalah kenyamanan, karena kalo kamu nyaman dengan apa yang kamu lakukan, maka kita akan menyukai apa yang sudah kamu lakukan.

Pikirkanlah dan pilihlah, tidak usah terlalu dipikirkan masalah penyebutan nama panggilan diri sendiri dalam penulisan artikel di blog.

Cukup fokus dan berkosentrasi pada artikel yang akan kamu buat saja.

Setelah kamu memilih, kamu harus bisa konsisten dengan pilihan kamu. Gak mungkin dong setiap tulisan di artikel, kata panggilannya beda-beda.

Artikel curhat pakai “Aku”, artikel tutorial pakai “Saya” dan artikel soal mantan pakai “Gue”.

Gak, gaboleh kayak gitu. Pilih salah satu, konsisten dan terus pakai ke seluruh artikel menggunakan nama panggilan yang sudah kamu pilih.

Jadi intinya, yah gausah ribet. Kamu buat diri kamu senyaman mungkin dalam menulis untuk membagikan informasi ke semua pengguna internet.

Toh niat kamu berbagi informasi kan, ya kalo mereka yang mengunjungi blog kamu mau informasi ya harus nerima cara penyampaian kamu dong. Setuju gak? Harus dong.

Semua kata panggilan adalah baik digunakan dan ditempatkan pada cara yang baik, selagi masih sopan, masih merasa tulisan kamu gak negatif yaudah lakuin aja.

Atau kalo kamu masih ragu atau bingung untuk memilih nama panggilan diri sendiri dalam penulisan artikel di blog, kamu bisa simak tips berikut ini.

Baca Juga: 6 Peralatan Ngeblog Yang Wajib Kamu Miliki

Tips Memilih Panggilan Dalam Penulsan Blog

1. Menggunakan Panggilan “Saya”

Kata “Saya” cocok untuk kamu yang gak terlalu halus dan gak terlalu kasar, kamu bisa pakai kata “Saya” yang paling umum digunakan. Penggunaan kata “Saya” juga terlihat sopan, terlihat menghargai dan terlihat professional.

2. Menggunakan Panggilan “Aku”

Kamu bisa pakai kata “Aku” kalo emang dasarnya kamu orangnya sopan dan halus, terbiasa dengan kata “Aku” saat kamu menulis maupun di kehidupan nyata.

Karena kata yang sering dipakai di kehidupan sehari-hari terkadang yang paling nyaman. Tapi gak salah kalo kamu mau nyoba kata panggilan yang lain juga sih, kalo kamu sendiri ngerasa penggunaan kata “Aku” terlalu halus.

3. Menggunakan Panggilan “Gue”

Kata “Gue” bisa kamu pakai kalo kamu orangnya santai, gak ribet dan gak neko-neko.

Intinya yaudah, kamu yang punya blog, kamu yang nulis, yah sesuka kamu mau pake kata panggilan “Gue” juga, toh emang gak kasar.

Cuma ya buat beberapa orang kata “Gue” itu dinilainya kasar sih, tapi kalo yang bacanya gak masalah sama gaya tulisan kamu, gak baperan yah seharusnya sih gapapa pakai panggilan “Gue” juga di blog.

Banyak kok blog kecil sampai blog besar yang pakai kata “Gue” disetiap artikelnya, cuma ya jarang ditemuin aja. Soalnya rata-rata blogger pakenya “Saya”.

Lagian juga hanya tulisannya aja kan yang pakai kata “Gue”, kalo balas komentar pengunjung blog kan bisa juga pakai kata “Saya” atau “Aku” biar lebih halus.

Nah itu dia tulisan mengenai kata panggil dalam penulisan blog dan juga sedikit tips yang mungkin bisa bermanfaat.

Intinya jangan ikut-ikutan orang ya, tulis aja seenaknya kamu. Percuma bikin artikel kalo kamunya terpaksa sama gaya penulisan sendiri.

Leave a Reply