Program Python Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian

Pada artikel ini kita akan belajar membuat program Python sederhana untuk penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Dengan program ini kamu bisa menghitung suatu angka dengan cepat dan mudah layaknya kalkulator.

Tapi dengan bahasa pemrograman Python, kita diberikan kemudahan dalam penggunaannya. Tanpa harus membuat program sekalipun kamu sudah bisa melakukan perhitungan secara langsung dengan menggunakan Syntax dari Python itu sendiri, seperti yang sudah dijelaskan pada artikelĀ Membuat Program Sederhana Kalkulator Dengan Python.

Tapi, menggunakan syntax secara manual juga cukup merepotkan. Karena kamu harus mengetikan syntax tersebut secara satu per satu.

Berbeda jika kamu membuat sebuah program perhitungan yang kompleks, dimana kamu hanya perlu memilih ingin menggunakan perhitungan seperti apa, penjumlahankah, pengurangan, pembagian atau perkalian untuk melakukan suatu perhitungan angka.

Nah, dengan adanya program ini bisa membantu menyelesaikan masalah perhitungan kamu dengan cepat dan sekaligus kamu bisa memahami alur, logika dan syntax kodingan pada bahasa pemrograman Python.

Atau jika kamu memiliki tugas untuk membuat program atau aplikasi sederhana dengan Python, kamu bisa menggunakan kodingan ini dan mengeksekusinya.

Oke langsung aja berikut adalah cara membuat program sederhana Python penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian.

Program Python Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian

Membuat Program Python Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian dan Perkalian

Untuk menjalankan program ini saya menggunakan Python versi 3.7.2 dan menggunakan IDE PyCharm. Jika versi kamu berbeda dengan punya saya, silahkan dicoba saja ya. Karena selama bahasa yang kamu gunakan masih Python, seharusnya masih tetap bisa dijalankan pada versi berapapun.

Leave a Reply