Review Web Hosting Exabytes Indonesia

Baru-baru ini saya mencoba layanan dari salah satu web hosting yang cukup terkenal, yaitu web hosting Exabytes Indonesia. Dimana dari informasi yang yang saya peroleh, web hosting ini memiliki penawaran harga yang murah.

Saya pun tertarik untuk mereview Exabytes Indonesia setelah mencoba membeli salah satu layanannya, yaitu sebuah domain. Domain tersebut saya beli menggunakan saldo gratis sebesar Rp 50.000 yang diberikan oleh Exabytes Indonesia setelah melakukan pendaftaran akun baru.

Saldo Gratis Dari Exabytes Indonesia

Karena saldo gratis yang saya dapatkan tidak banyak, maka domain yang bisa saya beli hanya berekstensi .my.id. Kebetulan juga domainnya sedang promo dan harganya cuma Rp 12.000. Jadi, saya menghabiskan saldo untuk membeli domain dalam jangka waktu 3 tahun.

Promo Domain di Exabytes Indonesia

Buat kamu yang ingin mencobanya, kamu bisa langsung mendaftarnya DISINI.

Setelah mendaftar akun baru, kamu bisa mendaftarkan domain gratis. Gimana menurut kamu? baik banget bukan?.

Saya sangat berterimakasih untuk Exabytes Indonesia atas domain gratisnya. Tapi point pembahasan dari artikel ini bukan hanya itu saja, melainkan review atau penilaian saya pada saat pertama kali mengunjungi website Exabytes Indonesia dan mencoba layananya.

Jadi saya akan mereview Exabytes Indonesia apa adanya menurut pendapat saya pribadi, berikut adalah Review Exabytes Indonesia.

#1 Harga Hosting dan Domain Murah

Harga adalah hal pertama yang paling dilirik oleh calon costumer ketika ingin mencoba layanan suatu layanan web hosting ataupun domain, terlebih lagi jika baru pertama kali mencoba dan tidak memiliki budget yang cukup.

Terkadang masalah layanan tidak terlalu dipikirkan, yang penting harganya murah terlebih dahulu. Saya sendiri sebagai blogger amatiran yang tidak memiliki budget yang cukup akan sangat di untungkan dengan adanya harga yang murah.

Exabytes Indonesia menawarkan harga yang cukup murah pada setiap layannya, belum lagi jika ada promo.

Harga Domain di Exabytes Indonesia

#2 Metode Pembayaran Yang Lengkap

Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang malas untuk bertransaksi adalah minimnya metode pembayaran yang dilakukan. Biasanya transaksi wajib melakukan rekening bank. Tapi, bagaimana jika tidak punya rekening bank?

Nah banyaknya metode pembayaran seperti ini yang sangat memudahkan calon costumer, karena tidak terbatas pada pembayaran tertentu saya. Di Exabytes Indonesia, metode yang diberikan sudah cukup lengkap dan bisa dikatakan sangat memudahkan sekali bagi yang belum memiliki rekening bank.

Metode Pembayaran Lengkap

#3 Loading Website Yang Cepat

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan website sepengetahuan saya, yaitu web browser yang digunakan, cache atau history web browser, kecepatan internet dan website itu sendiri.

Untuk membuka website Exabytes, saya menggunakan Wifi Indihome 20mbps, tanpa membersihkan cache atau history web browser, lalu mengujinya menggunakan web browser Microsoft Edge dan Google Chrome.

Hanya butuh waktu 2 detik agar website terbuka dan meload semua tampilannya. Berikut adalah pengujiannya:

Menggunakan Web Browser Microsoft Edge

Pengujian Kecepatan Website Menggunakan Web Browser Microsoft Edge

Menggunakan Web Browser Google Chrome

Pengujian Kecepatan Website Menggunakan Web Browser Google Chrome

Buat saya pribadi Exabytes Indonesia sudah sangat baik dalam hal memperhatikan kecepatan websitenya. Terlebih lagi terdapat banyak gambar dan fungsi-fungsi tertentu yang mendukung tampilan websitenya, tapi kok bisa secepat itu ya? hebat memang. Silahkan kamu coba sendiri ya kalo penasaran.

#4 Tombol Login Bikin Bingung

Pada saat pertama kali mengunjungi website Exabytes Indonesia, saya disulitkan ketika ingin mencari tombol daftar. Setelah mencarinya, akhirnya saya menemukannya.

Halaman login dan daftar ternyata dibuat menjadi satu, mungkin hampir semua penyedia layanan web hosting melakukan hal yang sama. Tapi yang jadi masalahnya adalah tombol loginnya ituloh nyempil di pojokan.

Entah karena saya menggunakan kacamata, kurang teliti atau bagaimana. Yang jelas, tombol loginnya sulit saya temukan pada saat pertama kali mengunjungi websitenya.

Kok bisa gitu?

Di Exabytes terdapat 2 navigasi menu pada bagian header. Navigasi pertama digunakan untuk informasi bantuan dan navigasi kedua adalah untuk informasi layanan yang disediakan.

Perhatikan gambar berikut,

Tombol loginnya kecil banget, nyempil lagi di pojokan. Kenapa tombolnya engga dibuat besar aja atau diletakan di navigasi menu yang kedua gitu, yang gede biar enak ngeliatnya. Mungkin bisa jadi bahan masukan buat Exabytes Indonesia ya.

Untuk halaman login dan daftarnya sendiri tidak ada masalah, cukup simple dan clean malah. Ditambah dengan dukungan daftar lewat akun Facebook atau Google, sangat mempermudah sekali.

#5 Client Area Yang Membingungkan

Lagi dan lagi saya dibingungkan oleh navigasi menu dan kali ini terdapat pada client area. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tombol login berada di pojok kanan atas, lalu setelah berhasil login maka akan masuk ke halaman baru dengan tambahan menu navigasi baru.

Client area ini adalah tempat untuk mengelola segala jenis layanan yang telah dibeli, namun yang menjadi permasalahan bagi saya adalah navigasi menu yang lagi-lagi kurang terlihat oleh saya.

Hal ini terjadi ketika saya sedang mencari pengaturan DNS untuk mengcostum domain blogspot, saya kira tombol profile akun dan settingan lainnya berada pada navigasi pertama atau kedua, ternyata berada pada navigasi menu yang ketiga.

Navigasi Menu

Banyak banget ya navigasinya, mungkin karena saya masih baru dan belum terbiasa mangkanya bingung dengan banyaknya navigasi seperti ini. Kalo boleh saran untuk Exabytes Indonesia, Jangan kebanyakan navigasi menu seperti itu ya, bikin bingung.

#6 Gratis Domain Setiap Pembelian Hosting

Exabytes memiliki beberapa paket layanan hosting seperti WordPress Hosting, Web Hosting, Hosting SSD dan Hosting Windows.

Kamu akan mendapatkan bonus domain gratis setiap pembelian layanan hosting di Exabytes Indonesia, sebuah bonus yang memang seharusnya diberikan, terlebih lagi untuk pemula yang ingin membangun sebuah blog atau website.

TAPI……

Dari paket hosting yang tersedia, hanya paket WEB HOSTING sajalah yang tidak memberikan domain gratis. Kecuali kamu mengupgradenya, maka kamu akan mendapatkan domain gratis.

Jika memilih paket Web Hosting dengan mengupgradenya, tentunya akan dikenakan biaya tambahan yang membuat tagihan kamu semakin mahal. Sebuah harga yang memberatkan untuk kamu yang baru saja ingin membangun sebuah blog atau website dengan hosting.

Berikut adalah perbandingan paket web hosting di Exabytes Indonesia tanpa upgrade dan upgrade.

Harga Web Hosting ExaBytes

Tapi tenang saja, hanya paket ini saja yang tidak mendapatkan bonus domain tanpa upgrade. Kamu bisa memilih paket lainnya yang sudah memberikan bonus domain, kamu cukup memilih paket yang cocok untuk kebutuhan mengelola blog atau website kamu.

#7 Memiliki Sumber Daya Yang Cukup Besar

Paket Ebiz Lite adalah paket termurah yang bisa kamu ambil. Meskipun paket paling murah sekalipun, Exabytes Indonesia masih terlalu baik dengan memberikan sumber daya hosting yang besar.

#8 Support Layanan

Jika kamu masih pemula dan belum pernah membeli layanan hosting ataupun domain, pastikan penyedia layanan tersebut memiliki support layanan yang baik, seperti ramah, cepat dalam menanggapi dan menjelaskan sesuatu yang mudah dipahami.

Kamu bisa mencoba layanan supportnya terlebih dahulu seperti menggunakan Live Chat dan tanyakan apapun yang ingin kamu tau. Seperti harga, meminta bantuan dan lain sebagainya.

Jika responnya baik, maka gunakanlah layanan tersebut. Karena support adalah bagian paling penting sebelum membeli hosting ataupun domain. Percuma saja jika harga murah, kualitas bagus tetapi supportnya jelek. Bertanya, lama dijawab. Minta bantuan, malah gak dapet hasil.

Untuk Exabytes Indonesia sendiri memiliki banyak sekali pusat bantuan yang bisa kamu gunakan, seperti bantuan melalui Email, Whatsapp, sampai Live Chat. Tapi mohon maaf, sayangnya saya belum mencobanya dan tidak tau apakah support layanan mereka sangat baik atau buruk.

Mungkin teman-teman punya pengalaman mengenai support Exabytes Indonesia bisa sharing di kolom komentar, sehingga bisa saya tambahkan ke dalam artikel ini.

Nah itu dia Review Exabytes Indonesia dari saya

Leave a Reply